Mengutip dari Wikipedia, Brand management adalah proses pengelolaan merek sebuah organisasi yang bertujuan untuk meningkatkan ekuitas merek (brand equity) dalam jangka panjang.

Benar atau salah? Menurut gw, scope brand management jauh lebih luas dari itu.

Brand team adalah nahkoda dari sebuah brand, dan perannya mencakup keseluruhan strategi dan aktivitas dari sebuah brand.

Artinya, ga hanya membangun equity atau nilai dari brand tersebut, tapi juga bertanggungjawab terhadap optimisasi peluang-peluang baru yang ada di market, portfolio produk, dan bekerja sama dengan fungsi lain untuk memastikan kualitas distribusi, sales, kesehatan finansial, dll.

Sesuai dengan visi dari website ini yaitu untuk sharing semua ilmu yang gw dapet dari pengalaman gw kerja di bidang brand management, maka setelah artikel ini, akan ada tulisan-tulisan lain yang mencakup keseluruhan kerjaan brand team diatas.

Di bagian brand, kita akan bahas mulai dari key brand performance indicator kaya consumer disposition funnel dan brand imagery, cara membangun proposisi brand, menentukan komunikasi yang tepat dan proses pembuatannya, membangun campaign strategy dan pembahasan tentang semua aspek yang ada dalam sebuah brand campaign, sampai ke pembuatan brand plan yang mencakup long-term strategy dari sebuah brand.

Dari bagian sales, akan dibahas istilah-istilah dalam dunia sales, key sales performance indicator internal dan eksternal kaya volume dan semua jenis market share, atau effective call dan drop size, tips menganalisa sales performance, dll. Di bagian ini juga akan dibahas semua yang gw tau tentang distribusi, mulai cari distribution channels, key performance indicator kaya Weighted Distribution dan Nett Distribution, dll. Terkait keduanya, akan dibahas berbagai approach forecast volume dan cara-caranya.

Selain brand dan sales, akan ada pembahasan tentang optimisasi digital untuk sebuah brand. Mulai dari role nya, cara membangun ekosistem digital dan semua yang ada didalamnya, cara mengukur performance digital activity, dll.

What else? Disini gw juga akan sharing semua ilmu yang gw punya tentang new product development, markom dan trade activation, research, media, dan finance which sangat berkaitan dengan kerjaan anak brand.

So, stay tuned! Dan mari berdiskusi..

-wing-

4 comments

  1. Kak, terusin dong … banyak yg ilmu yg didapat nih.. terkait optimasisasi digital, consumer disposition funnel dan brand imagery…. pgn belajar jauh…

    Thanks Kak

    Like

    1. Hi Dew,

      Thanks for visiting, glad you like the content.
      Pastinya nanti akan dibahas tentang digital, brand imagery, dan KPI lainnya.
      Btw, untuk digital akan ada category khusus loh, means akan banyak konten-konten didalamnya.

      Stay tuned ya !

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s