Belum lama ini terlibat sebuah diskusi bareng temen-temen seperjuangan, entah darimana datangnya muncul pertanyaan : menurut lo siapa aja yang perlu ngerti tentang brand management?

Ga pake mikir lama gw jawab : SEMUA ORANG !

Merengkutlah semua alis yang ada disitu, sebegitu penting nya kah? Ya balik lagi itu menurut gw, tapi coba kita bahas sedikit tentang beberapa ‘profesi’ dan kenapa mereka perlu ngerti yang namanya ilmu brand management:

  • Karyawan (client side): kerja di perusahaan, penempatan di bidang yang berhubungan dengan marketing, kayanya ga perlu dijelasin dia perlu ngerti brand management. Mau di bagian markom, trade activation, digital, research, atau bagian lainnya, akan lebih efektif kalo ngerti yang dilakukan itu pada akhirnya bertujuan untuk mencapai objektif besar apa dan kenapa hal itu dibutuhkan. Ga ditempatkan di divisi yang berhubungan dengan marketing? Akan sangat baik kalau kita tau kenapa brand di perusahaan kita melakukan semua yang dilakukannya.
  • Karyawan (agency side): ini penting banget buat ngerti brand management, agency apapun itu! Creative agency, digital agency, research agency, media agency, activation agency, atau agency lainnya. Pernah ga sih nemu client yang ribet banget masalah revisi-an? Udah coba propose seribu plan tapi masih dinilai kurang juga? Atau mulai pusing karena pitching gagal terus? Mungkin masalahnya ada perbedaan persepsi antara agency dan si client, dan dengan ngerti brand management, akan lebih besar potensi kalian ada di pemikiran yang sama.
  • Entrepreneur: punya usaha di bidang apapun, pasti pengen brand nya jadi besar, ga jualan banyak waktu promo doang, ga buang duit karena salah campaign, ga kehilangan peluang atau rusak brand nya karena salah monitoring, dll. Seorang pengusaha basically adalah brand manager untuk brand nya sendiri, bedanya, brand manager di perusahaan ngurusin brand orang lain yang ga 100% profitnya buat dia, so, siapa yang lebih penting jago brand management?
  • Public Speaker / Digital Influencer: brand management ga hanya untuk produk yang dijual di pasar, banyak yang blm sadar kalau diri kita sendiri adalah sebuah brand yang harus dibangun equity nya. Dari sekian banyak influencer diluar sana, kenapa kita yang harus jadi pilihan? Pastinya harus ada nilai lebih yang ditawarkan, which dari ilmu brand management, kita bisa tau gimana caranya punya nilai lebih dibanding influencer lain.
  • Pelajar / Mahasiswa : dari sekian banyak universitas di Indonesia, dan sekian banyak lulusan disetiap tahunnya, berapa banyak sih yang bisa ditampung penyedia lapangan kerja? Atau berapa banyak yang bisa di support investor untuk mulai bisnisnya? Sama kaya influencer, kita juga harus bisa terlihat lebih baik dari jutaan pesaing lain. Dari ilmu brand management, selain bisa building personal brand kita untuk terlihat lebih baik, kita juga akan belajar tentang berbagai macam function atau divisi yang ada di perusahaan, which akan memperluas peluang kita dapet kerja. Mau jadi entrepreneur? Jelas proposal yang secara bisnis terlihat ‘menjanjikan’ akan lebih berpeluang untuk dapet investasi, dan brand management bisa bantu banyak untuk hal itu.

Berhubung pengalaman gw lebih ke brand management di perusahaan (client side), disini akan dibahas semua hal yang gw tau tentang hal itu, tapi tetep banyak kok hal yang bisa diambil oleh kalian yang berprofesi lain. Punya pertanyaan yang blm dibahas? Langsung tanya aja, apapun profesi kalian, pasti gw coba bantu sesuai kapasitas pengetahuan gw.

Kebayang ga sih, suatu hari, brand-brand besar (bahkan brand internasional) yang ada di Indonesia dipimpin sama orang Indonesia sendiri, ga lagi dipimpin pendatang dari luar negri yang pengertian konsumen indonesia nya ga lebih baik dari kita? So, yuks lah kita belajar bareng, berkembang bareng, dan sukses bareng di ‘profesi’ kita masing-masing.

If you think its make sense, sebarkan ! Biar makin besar kemungkinan mimpi gw diatas bisa kejadian.

Menurut kalian gimana?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s