ANAKBRAND ‘NGURUSIN’ FINANCE JUGA?

Salah satu alasan utama gw develop platform ini adalah karena persepsi kebanyakan orang tentang kerjaan anakbrand yang hanyalah tentang per-markom-an doang. Padahal, kalo diliat dari artikel sebelumnya, kerjaan anakbrand jauh lebih luas dari itu. Ada tentang strategi, research, sales, dll. Bahkan, anakbrand juga kudu ngerti FINANCE!

Hah? Kenapa gitu?

Bayangin aja, dari mulai develop campaign, pastinya aktivitas ini makan banyak duit perusahaan, harus direncanakan dan di-manage sedemikian rupa sehingga sesuai kebutuhan dan bisa dipertanggungjawabkan. Terkait produk baru, percuma punya konsep yang luar biasa kalo pada akhirnya ga bisa kasih profit ke perusahaan, so perlu dianalisa juga aspek finansialnya.

Ga cuma secara konseptual, kita juga perlu ngerti proses management finance di perusahaan kaya gimana, karena mau gamau kita harus bisa ikutin setiap langkahnya sehingga spending brand kita bisa selalu align dengan target finansial perusahaan secara keseluruhan. Buat yang udah ngalamin jadi anakbrand, pasti ngerti banget betapa akrabnya kita sama anak-anak finance dimasa budget planning, quarterly budget review, atau dalam momen mahapenting yaitu closing akhir tahun.

Pada intinya, banyak dari kerjaan anakbrand yang akan berkaitan sama tim finance juga, dan kalo kita ga ‘menguasai’ ilmu ini, gimana kita bisa berdiskusi? Gimana kita bisa debat kalo masukan tim finance ga sesuai dengan kebutuhan brand?

Nah, terkait kebutuhan diatas, dalam beberapa artikel kedepan gw akan bahas permasalahan finansial yang berkaitan dengan kerjaan anakbrand, mulai dari yang konseptual sampai yang eksekusional, misalnya :

  • Gimana cara menentukan jumlah budget campaign (berkaitan dengan kuantitas touchpoint) yang tepat sehingga sesuai dengan kebutuhan? Variable apa aja yang harus diperhatikan? Gimana cara ngitungnya?
  • Gimana proses monitoring budget di perusahaan? Gimana trik nya biar kita selalu on-track dan ga ribut mulu sama tim finance?
  • Gimana cara analisa profitability produk kita (current dan new product)? Variable apa aja yang diperhatikan? Gimana cara review performance nya?
  • Gimana sih proses mengalirnya duit dari perusahaan sampe ke vendor-vendor support kita? Ada dokumen apa aja yang terlibat disana? Proses transaksinya kayagimana?

Terdengar kompleks memang, tapi gw akan coba bahas se-ringan mungkin, dan percayalah ini ilmu yang penting banget dikuasai karena akan berdampak besar terhadap plan aktivitas brand kita secara keseluruhan.

So, pantengin terus website & Instagram anakbrand dan nantikan pembahasan detailnya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: